Selasa, 19 November 2013

“BE YOUR BEST SELF”

Profil Mahasiswa STIEBBANK

                Haloo, perkenalkan nama saya BARA, saya anak pertama dari 3 bersaudara, saya kelahiran 19 November 1991. Sebenernya nama asli saya adalah Eko Wahyu Wibowo, salah satu mahasiswa STIEBBANK angkatan September 2013. Tapi sudah terlanjur memiliki nama panggilan BARA. Dan sudah dikenal oleh hampir seluruh civitas akademika STIEBBANK.
                Nama itu penting, dan nama itu adalah senjata utama untuk menjual diri anda. Maksudnya, orang tidak akan mengenal anda jika nama anda susah untuk dikenal orang banyak. Ketika nama anda simple, mudah diingat, dan tidak sama dengan nama orang lain, maka anda akan menonjol dan akan mudah mendapatkan banyak teman, dan tentunya akan menambah penghasilan.
                Saya kuliah di jurusan manajemen, why? Karena saya orangnya susah untuk diatur, makanya saya mempelajari  ilmu manajemen sebenernya untuk bisa mengatur diri saya sendiri, ketika saya bisa mengatur diri saya sendiri tentunya akan mudah untuk mengatur orang-orang di organisasi bisnis saya nantinya. J
                Pada kelas mata kuliah Entrepreneurship kemarin, ada suatu hal yang menarik yang saya temui. Saat itu sedang mempelajari ilmu Public Speaking bersama bunda Martha Sasongko. Hal menariknya adalah, Ketika para mahasiswa disuruh untuk menuliskan 10 kekurangan yang mereka miliki dalam waktu 30 detik, Semua mahasiswa menulisnya dengan bersemangat sekali, dan dalam sekejap tertulislah 10 kekurangan pada masing-masing kertas mahasiswa. That’s Great...
Kemudian, ketika para mahasiswa ditanya apa kelebihan yang kalian miliki? Dan disuruh menuliskan minimal 10 kelebihan, dalam waktu 1 menit. Tidak banyak mahasiswa yang berhasil melakukannya. Kenapa? Karena mereka kurang mengenal diri mereka sendiri, kebanyakan dari mereka lebih mengenal diri mereka dari apa kata orang lain. Itu juga alasan mengapa mereka sulit untuk menuliskan apa saja kelebihan mereka.
                Bagaimana dengan saya? Oke, alhamdulillah saya dengan mudah menuliskan kelebihan saya. Apa saja yang saya tulis, ini dia..
1.       Ganteng
2.       Berpenampilan Menarik
3.       Mudah dikenal
4.       Cerdas
5.       Penulis
6.       Percaya diri
7.       Jago menggambar
8.       Punya usaha kaos @uteunsri
9.       Pandai bercerita
10.   Rajin bangun pagi
Bagaimana? Simple kan? 10 butir kelebihan dalam waktu tidak sampai 1 menit.
                Mungkin sebagian orang tidak percaya dengan apa yang saya tulis, tapi terserah. Yang penting saya percaya diri dengan apa yang saya tulis. Dan tidak banyak orang yang bisa menuliskan itu dalam waktu 1 menit. Bangga dong.. hahaha. :D
                Sekarang, mengapa saya bisa menuliskannya dalam waktu singkat? Apa sebenernya yang saya lakukan? Apa sih rahasianya?
1.       Mengenal Konsep “Be Your Best Self”
Banyak orang suka mengatakan, “Jadilah dirimu sendiri apa adanya”. Makanya banyak orang yang menjadi biasa-biasa saja, apa adanya. Kata-kata ini kadang menjadi racun bagi orang yang menutup diri. Karena dirinya sendiri cenderung tertutup, maka menjadi dirinya sendiri berarti menjadi tertutup. Apalagi orang yang males, menjadi diri sendiri akan menyebabkan dia menjadi orang yang tambah malas. Makanya, saya tidak pernah menjadi diri sendiri, karena saya orangnya cenderung pendiam, mudah tersinggung, dan penyendiri.
Jadi, dari pada menerapkan kata “Jadilah diri sendiri” lebih baik Saya selalu menerapkan kata “Be Your Best Self”,  Jadilah dirimu yang TERBAIK!!! Why? Karena dengan begitu, saya bisa menggali potensi yang ada pada diri saya sendiri. Pertanyaannya, apakah diri kamu yg sekarang sudah merupakan dirimu yang terbaik? Jawabannya pasti tidak.
Terus, Apa yang saya lakukan kemudian? Sekarang silahkan ambil kertas dan alat tulis, kemudian catat apa yang perlu anda catat.... Saya selalu menuliskan beberapa pertanyaan di atas kertas, kemudian saya tulis sendiri jawabannya. Pertanyaannya antara lain, Siapa sebenarnya diri saya? Apa kekurangan saya? Apa yang bisa saya lakukan dgn kekurangan itu? Apa kelebihan saya? Apa yang bisa saya lakukan dengan kelebihan itu? Apa hasilnya? Apa hasilnya jika yang saya lakukan lebih baik lagi dari ini? Bagaimana cara saya melakukannya? Bagaimana jika saya harus menjadi yang terbaik? Apa yang akan saya lakukan kemudian?... Dan beberapa pertanyaan lain yang timbul setelah jawaban ditemukan. Dengan pertanyaan-pertanyaan seperti ini, maka saya selalu menyajikan diri saya yang terbaik, selalu ingin menjadi yang terbaik, dan selalu ingin berbuat yang terbaik untuk diri saya sendiri, orang tua, agama, dan negara saya Indonesia.
Ayoo, sama-sama kita tulis jawabannya pada kertas yang sudah anda siapkan. :D
2.       Bersyukur
Hal ini lah yang penting, bersyukur karena Tuhan menciptakan manusia itu dengan berbagai kelemahan dan kelebihan. Bersyukurlah, karena hingga saat ini kita masih diberikan nafas, untuk selalu berbuat kebaikan. Masih diberikan nyawa, agar kita selalu berkarya. Masih diberikan akal untuk berfikir dan bertanya, apa yang bisa saya ciptakan hari ini dan esok hari. Bersyukur, karena Tuhan menyadarkan kita akan kekurangan kita, karena itu kita dipertemukan dengan orang lain yang dapat menutupi kekurangan kita. Alhamdulillah...
3.       Visualisasikan apa yang anda tulis, SETIAP HARI!!!
Inilah yang paling penting, yaitu visualisasi. Bayangkanlah setiap pagi, akan menjadi seperti apa kita hari ini, esok, dan beberapa tahun yang akan datang. Saya selalu melakukannya setiap bangun tidur setelah sholat subuh. Saya memvisualisasikan kalo saya sedang berada di atas sepeda motor Sport warna merah, karena inilah mimpi saya dlm waktu dekat ini. Saya selalu memvisualisasikan mimpi saya yang lain, menyerap rasa bahagia yang tercipta saat itu. Menyerap semua emosi yang tercipta, agar kita bisa mewujudkan yang lebih baik lagi dari itu.
Makanya saya selalu bilang pada diri sendiri....
“Be Your Best Self, Bro..!!!”
By. Eko Wahyu Wibowo, a.k.a BARA
@BaraLavashva

                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar